29-July-2014

Sukoharjo tetap Lima Daerah Pemilihan

Penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu Legislatif yang diwacanakan beberapa waktu lalu batal dilakukan, karena KPU Pusat dalam rapat pleno yang hasilnya disampaikan melalui KPU provinsi tetap menyatakan bahwa Kabupaten Sukoharjo tetap terdiri 5 dapil.  Hal tersebut disampaikan oleh ketua KPUD Sukoharjo, Kuswanto.

“Hasil pleno terkait daerah pilihan telah disampaikan. Di putuskan bahwa di Sukoharjo akan ada 5 Dapil seperti Pemilu sebelumnya. Kartasura tetap digabung dengan Baki dan Gatak,” kata Kuswanto.

Penggabungan itu dilakukan dengan alasan jatah kursi di dapil Kartasura, Gatak dan Baki belum melebihi 12 kursi sesuai aturan KPU, meski jumlah penduduk di Kartasura memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi Dapil tersendiri. Diketahui jumlah penduduk Kartasura saat ini mencapai 94.223 jiwa.

Lima Dapil yang telah di tetapkan di antaranya Dapil I Kecamatan Sukoharjo Kota, Nguter dan Bendosari (11 Kursi), Dapil II Weru, Bulu dan Tawangsari (8 kursi), Dapil III Baki, Gatak dan Kartasura (12 Kursi), Dapil IV Grogol (6 kursi) dan Dapil V Polokarto, Mojolaban (8 kursi). (snn/timlo.net)


Leave a Reply to Sukoharjo tetap Lima Daerah Pemilihan

You must be logged in to post a comment.