24-April-2014

Giliran BKM Makmur, PNPM Desa Duwet Ditinjau Wakil Bupati Sukoharjo

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan desa Duwet Kecamatan Baki Sabtu (18/5) untuk mengetahui sejauh mana perkembangannya ditinjau Wakil Bupati Sukoharjo, Drs.H.Haryanto.MM selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK).
Wakil Bupati didampingi Kepala Bappeda, Joko Sutarto, Kepala Bapermades, Sri Lestari, Ka.DPU diwakili Kabid Perumahan,Sarwidi dan segenap Tim dari Sekretariat TKPK Kabupaten Sukoharjo.
Kehadiran Tim diterima kepala desa Duwet, Sriono , Camat Baki diwakili Sekcam, beserta Muspika  dan Pengelola BKM desa Duwet.
Pengelola BKM Makmur, H.Saryanto dalam laporannya menyampaikan  bahwa total bantuan PNPM yang dikelola BKM Makmur dari tahun 2007 s/d 2012 sebesar Rp. 467.526.500 telah dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat antara lain membangun jembatan,mengaspal jalan dan untuk peternakan sapi, kambing, babi dan ayam. Sedangkan dana ND sebagai reward karena keberhasilan pengelolaan PNPM sebesar 1 milyard. Digunakan untuk pembuatan kandang komunal, kolam ikan dan Tempat Pembuangan sampah akhir yang sampah tersebut akan diolah menjadi pupuk organik sehingga dapat mengatasi masalah sampah dan dapat dimanfaatkan sebagai penyubur lahan pertanian , namun masih ada permasalahan yang harus dipecahkan karena dana ND hanya diperbolehkan untuk bangunan fisik sedangkan untuk mesin pengolah pupuk senilai kurang lebih Rp 50.000.000, jalan dari kampung ke TPA sepanjang kurang lebih 400 meter aspal telah rusak, gerobak untuk mengangkut dari rumah penduduk sampai TPA belum ada dan penerangan listrik juga belum ada. Dana ND masih Rp.300.000.000 akan dimanfaatkan untuk paving dan menyelesaikan bangunan lainnya.
Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati menyatakan bahwa proses suatu pembangunan harus direncanakan secara baik, transparan dan bertanggung jawab sehingga pembangunan tidak berhenti ditengah jalan atau tidak selesai dan tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Untuk itu Wakil Bupati memerintahkan kepada Tim Sekretariat TKPK untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi BKM Makmur, sehingga pembangunan TPA tersebut dapat segera selesai dan bermanfaat bagi masyarakat desa Duwet.
Selesai dialog Wakil Bupati meninjau lokasi TPA yang telah dibangun namun belum ada mesin pengolah sampah. (&ank)

Leave a Reply to Giliran BKM Makmur, PNPM Desa Duwet Ditinjau Wakil Bupati Sukoharjo

You must be logged in to post a comment.