24-April-2014

Kantor Pos Mulai Siapkan Pembagian BLSM Tahap Kedua

Pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) untuk tahap kedua sudah mulai dikoordinasikan. Rencananya, BLSM tahap kedua bakal dibagikan pada awal September mendatang.

Menurut Kepala Kantor Pos Sukoharjo, Muhammad Rasyid, total dana yang dibagikan pada tahap pertama sebesar Rp 15,35 miliar. Sementara untuk total penerima sebanyak 51.168 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Untuk tahap pertama kemarin, baru 50.789 RTS yang menerima BLSM. Sementara 297 RTS belum menerima. Saat ini kita mulai koordinasikan pembagian BLSM untuk tahap kedua.

Meski pembayaran BLSM tahap kedua sudah mulai dikoordinasikan, namun pembayaran BLSM di Sukoharjo untuk tahap pertama belum selesai, yakni baru sebanyak 99,47 persen.

Jumlah data penerima BLSM yang belum menerima akibat nama dalam data tersebut merantau atau meninggal. Dana yang belum tersalurkan tersebut, masih tersimpan di kantor pos dan bisa diberikan atau diambil oleh yang berhak pada tahap kedua 2 September mendatang.

Rasyid menambahkan, untuk evaluasi sementara pembagian BLSM tahap pertama secara umum berjalan lancar, baik dari segi kebijakan maupun teknis pelaksanaan. Khusus untuk Sukoharjo Kantor Pos melakukan distribusi langsung ke desa-desa secara teknis dengan camat dan kades setempat. Hal ini di anggap lebih memudahkan mengingat komunikasi menjadi lebih dekat. Pembayaran dengan sistem komunitas per desa ini cukup memudahkan. Resiko kendala kecil. Dalam penyalurannya juga di bantu Polisi dan anggota TNI di setiap desa.

Karena kelancaran dan kemudahan itulah, rencana pembagian BLSM untuk tahap kedua juga akan dilakukan dengan cara pembagian di setiap desa atau kelurahan. (MT)


Comments are closed.